SEKILAS INFO
: - Kamis, 01-10-2020
  • 5 bulan yang lalu / Menerima pendaftaran peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021 ppdb.sma-informatika-srg.sch.id
"Pengalaman belajar online siswa SMA Informatika."

Senin tanggal 02 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama virus Corona di Indonesia. Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, akhirnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mendukung kebijakan pemerintah daerah (pemda) yang meliburkan sekolah karena  penyebaran Covid 19 yang semakin mengkhawatirkan.

Pengumuman kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan lewat jarak jauh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dipatuhi oleh para siswa-siswi sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran nomor 4 tahun 2020 oleh Kemendikbud di mana tertuang beberapa poin metode pembelajaran yang harus dilakukan selama masa penyebaran virus tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem pun menyebutkan selain metode yang diubah, siswa-siswi juga akan diberikan pemahaman mengenai virus Corona (COVID-19) yang sedang melanda Indonesia. Demikian juga dengan sekolah kami, SMA Informatika Kota Serang, Banten. Athaya Raka Ramadhan, siswa yang saat ini duduk di bangku kelas 11 MIPA mengatakan kalau ia telah melaksanakan sekolah di rumah sejak 16 Maret lalu.

 “Pengalaman saya belajar online di rumah sangat menyenangkan. Guru – guru sangat mendengarkan aspirasi siswa dalam hal pembelajaran online. Kami memakai pilihan media untuk belajar. Seperti Rumah Belajar Kemendikbud, Google Class Room bahkan Grup WhatsApp sesuai mata pelajaran. Jadi tidak terbentur pada satu media daring saja selama melakukan pembelajaran dari rumah,” menurut Raka.

Raka mengungkapkan pula, selain materi pembelajaran, tugaspun dibagikan secara daring melalui berbagai metode online. “Jadi kami diberikan code Google Classroom lalu bergabung di grup mata pelajaran. Setiap kelas sih biasanya ada tugas-tugas yang harus dikumpulin,” jelas Raka.

Saat belajar dengan metode online ini, Raka mengutarakan keunikan yang dilakukan gurunya untuk mengambil penilain terutama untuk pelajaran seperti Penjaskes Kewirausahaan dan Bahasa Inggris. “Saat pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pak Galuh memberikan materi tentan Senam Lantai lalu menugaskan kita praktik “Sikap Lilin” dengan bukti video yang dikumpulkan. Jadi selain dapat nilai, kita juga dapat bonus kesehatan karena olahraga di rumah,” ungkap Raka.

“Sedangkan di pelajaran Bahasa Inggris, kami diberikan tugas untuk membuat video berbahasa Inggris yakni tentang daily activity atau kegiatan sehari-hari saat belajar di rumah, dari mulai kami bangun pagi, sarapan, membantu orang tua di rumah, belajar online, beribadah hingga berisitirahat kembali di malam hari,” ujarnya.

“Selain itu, ketika melaksanakan berbagai bentuk pembelajaran secara online, Raka menyebutkan bahwa gurunya sering menyelipkan pengetahuan mengenai penyebaran virus Corona dan juga langkah pencegahannya. Contohnya pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, guru kami memberikan materi tentang bagaimana caranya menjadi pengusaha muda yang dapat mengetahui peluang usaha. Seperti cara membuat masker kain, membuat hand hanitizer dan membuat minuman dari rempah-rempah anti virus dari bahan alami. Kami diberikan link youtubenya lalu ditugaskan membuat video praktik dengan memilih tiga peluang usaha tersebut,” sahut Raka.

“Kami juga pernah ditugaskan untuk share informasi seputar Corona berbentuk poster. Misalnya, bagaimana cara mencuci tangan, gimana Corona tersebut dapat menular dan masih banyak lagi,” jelas Raka.

“Namun senyaman-nyamannya belajar di rumah, lebih enak jika belajar langsung di sekolah dan berinteraksi dengan guru langsung serta bertemu dengan teman-teman semua. Harapan saya untuk ke depannya  menanggapi pandemi yang sedang berlangsung ini adalah semoga segera ditemukan vaksin untuk virus Covid-19 ini dan saya berharap agar semua tertib dan disiplin untuk memerangi virus ini agar semua bisa kembali seperti sebelumnya.” tutup Raka. (20/04/2020)

TINGGALKAN KOMENTAR